. Selamat Datang di Blog Guru IPA " BELAJAR IPA ASYIK JAGA LINGKUNGAN KEREN"

Rabu, 02 Desember 2020

TV Sekolah sebagai wahana dalam PJJ


Pada saat ini hampir semua sekolah melaksanakan pembelajaran di rumah atau dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (pjj). Model pembelajaran jarak jauh (pjj) bagi sebagian guru sangat memberatkan, karena harus menggunakan peralatan teknologi yang sebelumnya tidak terpikirkan untuk menggunakannya. Namun bagi sebagian guru pembelajaran jarak jauh ini dapat digunakan sebagai motivasi untuk belajar teknologi informasi agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan memotivasi siswa untuk belajar. Inovasi dan kreativitas sebagian besar guru berkembang pada saat pembelajaran jarak jauh seperti saat ini sebagai akibat mewabahnya virus Covid-19.
Berbagai pilihan platfom dan aplikasi yang tersedia pada teknologi informasi atau tersedia secara online yang dapat dimanfaatkan guru untuk memaksimalkan pembelajaran. Salah satu platfom yang dapat digunakan guru untuk memaksimalkan pembelajaran jarak jauh adalah Chanell TV Sekolah.  Melalui TV sekolah maka pembelajaran yang kita berikan pada siswa akan memberi warna tersendiri pada diri siswa, mereka merasa bangga memiliki Chanell TV sekolah sendiri selain itu materi pembelajaran dapat mereka terima dan dapat dipelajari dengan mudah karena dapat diulang-ulang. Karena konten yang terdapat di TV sekolah merupakan konten Youtube dan ini sudah tidak asing lagi bagi siswa, karena youtube merupakan platfom yang dapat diakses dengan muda dimana dan kapan saja dan hampir semua orang mengenal ini. Pada saat menonton youtube mungkin sebagian siswa menyalahgunakan untuk melihat yang tidak seharusnya mereka tonton, Dengan TV sekolah maka karakteristik siswa yang pada dasarnya suka youtube dapat terpenuhi dan selain itu dapat  mengurangi resiko siswa melihat konten yang kurang baik di youtube. 
Dengan TV sekolah semua materi dari semua mapel bisa dimasukkan, selain itu semua kegiatan sekolah dapat dimasukkan dalam program TV sekolah sehingga bisa memfasilitasi siswa untuk berkarya juga sebagai medai publikasi kegiatan sekolah yang tentunya ini akan berdampak positif bagi kemajuan sekolah dan promosi sekolah dalam bidang inovasi pendidikan. 
SMP Negeri 1 Pandaan sebagai salah satu sekolah eks RSBI, sekolah Rujukan, sekolah adiwiyata, sekolah ramah anak dan juga sebagai sekolah sehat di Kabupaten Pasuruan tentunya  sudah menggunakan atau menyelengarakn TV sekolah dalam menyelenggarakn proses pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini, selain pembelajaran Chanell TV sekolah SMPN 1 Pandaan juga menyiarakn program non instruksiona seperti kegiatan ekstra, kegiatan Kader, kegiatan lingkungan dll yang semuanya bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, hidup bersih dan cinta pada budaya sendiri. 
Untuk bisa memaksimalkan penggunaan TV sekolah, maka sebagai pengelola TV sekolah kita harus banyak belajar agat konten yang ada semakin beragam dan juga semakin menarik yang tentunya akan berdampak pada semua warga sekolah baik bagi anak2 maupun bagi guru dan orang tua siswa. Salah satu dari event yang dapat kita gunakan untuk menambah wawasn tentang TV sekolah adalah workshop yang diselenggarakan oleh Fordorum 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

 perhatikan gambar berikut:  setelah memperhatikan gambar kerjakan berikut :